Obat Asam Urat di Apotik

By | 25/01/2018

Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat di apotik – Bagi anda yang saat ini sedang mencari obat asam urat yang baik dan cocok. Kami bisa memberikan beberapa jenis obat asam urat di Apotik tentunya harus dengan resep dokter. Jadi simak informasi kami ini dengan baik.

Obat Asam Urat di Apotik

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit asam urat ini. Penyakit asam urat atau di sebut gout merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri yang tidak tertahankan, imflamasi atau pembengkakan, dan rasa panas pada persendian. Meski semua sendi di tubuh manusia bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi pada jari tangan, pada lutut, pergelangan kaki, dan pada jari kaki.

Penyakit asam urat ini meruapakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan gender, pasalnya pada laki-laki lebih rentan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di mencapai lebih 30 tahun.

Namun bukan berarti pada perempuan tidak akan mengalami asam urat. Pada perempuan, penyakit ini bisa terjadi Dan akan lebih beresiko setelah wanita tersebut mengalami masa menopause.

Pasien yang terkena serangan penyakit asam urat ini biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit yang di sebabkan asam urat ini bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi saja, namun juga bisa di rasakan di daerah sekitar sendi di tandai warna kulit yang memerah. Pada gejala ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Apa Saja Gejala Asam Urat?

Gejala seseorang yang mengalami masalah dengan asam urat terjadi saat sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat yang biasa terjadi. Sering kali penderita penyakit asam urat ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang tidak tertahankan. Meski dapat muncul kapan saja, namun umumnya gejala asam urat biasanya lebih terasa pada malam hari.

Namun bukan hanya sendi jempol kaki saja yang biasa terkena asam urat ini, sendi-sendi lain yang terletak di ujung anggota badan juga rentan terkena serangan penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, pada lutut, pada pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.

Biasanya nyeri berkembang dengan cepat dalam tempo beberapa jam saja. Nyeri yang hebat ini akan disertai dengan pembengkakan atau imflamasi, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi.

Dan serangan penyakit asam urat umumnya berlangsung dalam kurun waktu 3-10 hari, tergantung kondisi masing-masing. Saat gejala mereda dan bengkak mengempis, kulit di sekitar sendi yang kena asam urat ini akan tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal. Meski serangan bisa reda dengan sendirinya, namun kondisi ini tidak boleh diabaikan. Pengobatan harus tetap dilakukan, antara lain untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat keparahan gejala yang meningkat, risiko penyebaran ke sendi-sendi yang lain, dan risiko kerusakan permanen pada sendi.

Obat Asam Urat di Apotik

Untuk anda yang saat ini mengalami masalah yang namanya penyakit asam urat, kami akan memberikan sebuah jenis obat untuk mengatasi asam urat tersebut di antaranya :

Piroxicam

Obat Asam Urat di ApotikObat asam urat di apotik yang pertama adalah Piroxicam. Piroxicam adalah obat yang disebut asam urat yang digunakan untuk meringankan rasa sakit akibat pembengkakan. Nyeri pada asam urat disebabkan adanya enzim prostaglandin yang bisa dihentikan aktivitas obat ini. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek tanpa resep dokter. Harga Piroxicam di apotek untuk kapsul 20 mg x 120’s adalah sekitar Rp 30.000 per kemasan yang pembeliannya harus disertai resep dokter.

Piroxicam adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang juga bisa digunakan untuk keluhan penyakit lain yang memiliki indikasi nyeri artritis, pembengkakan, dan pembengkakan. Bahkan obat ini juga sering digunakan untuk mengobati asam urat yang bekerja dengan cara menghalangi produksi zat tertentu.

Piroxicam sebagai obat antiinflamasi non steroid dapat digunakan untuk anak-anak di atas 12 tahun sampai dewasa. Obat ini biasanya dikonsumsi untuk mengatasi dan meringankan rasa sakit asam urat mulai dari tingkat ringan sampai sedang. Selain asam urat, obat asam urat di apotik ini bisa digunakan untuk mengurangi gejala radang sendi, pembengkakan, persendian kaku dan nyeri otot.

Efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan obat ini adalah munculnya gangguan pencernaan seperti mual, mulas ringan, diare, konstipasi, perut kembung, sakit kepala dan juga reaksi alergi seperti ruam kulit. Aturan obat ini untuk orang dewasa 20 mg setiap hari bisa dikonsumsi 2 kali sehari dengan masing-masing 10 mg. Di masing-masing keluhan memiliki dosis yang berbeda, untuk keluhan

Probenecid

Obat Asam Urat di ApotikObat asam urat di apotik yang berikutnya adalah Probenecid. Probenecid umumnya digunakan sebagai pengganti allopurinol untuk pasien yang memiliki alergi terhadap obat. Biasanya obat ini digunakan untuk mencegah asam urat dan artritis asam urat dan termasuk dalam jenis obat uricosurics yang mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan membantu ginjal membuat asam urat. Tingkat asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat membentuk kristal asam urat yang tajam.

Obat asam urat Prostenecid bisa diminum 2 kali sehari atau sesuai dengan saran dokter. Bisa diminum dengan segelas air setiap dosis dan dikonsumsi minimal 8 gelas per hari yang juga berguna untuk mencegah batu ginjal. Pada orang dewasa dapat dikonsumsi 250 mg secara oral setiap 12 jam selama minggu pertama Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat ini bila Anda memiliki asam urat yang parah karena dapat memperburuk asam urat Anda.

Obat asam urat ini lebih cocok untuk asam urat sedang. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini jika Anda tidak cocok menggunakannya biasanya akan timbul mual, kehilangan nafsu makan, pusing, muntah, sakit gusi, sakit kepala dan sering buang air kecil. Jika efek samping tidak hilang Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Harga obat ini sekitar Rp 260.000, – untuk ukuran tablet 500 mg x 10 x 10 biji.AC

Meloxicam

Obat Asam Urat di ApotikJenis obat untuk penyakit asam urat biasanya diresepkan untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan asam urat. Obat asam urat ini digunakan oleh penderita asam urat yang memiliki persendian kaku yang juga menyebabkan osteoporosis dan rheumatoid arthritis. Tindakan obat asam urat ini untuk meringankan rasa sakit asam urat yang relatif cepat dengan menghentikan produksi asam urat berlebihan dalam darah. Hal ini juga mampu menghentikan produksi zat tertentu yang menyebabkan rasa sakit seperti prostaglandin. Obat meloxicam dapat ditemukan di apotek tanpa resep dokter karena merupakan jenis obat generik sehingga mudah didapat.

Harga obat asam urat di apotik sekitar Rp 70.000, – untuk tablet 15 mg x 5 x 10’s. Dosis yang digunakan untuk pasien berbeda tergantung pada keluhan yang dirasakan. Bagi mereka yang mengalami keluhan osteoartritis bisa mengkonsumsi 7,5 mg sekali sehari dan untuk rheumatoid arthritis sekitar 15 mg sekali sehari.

Baca Juga : Agen Hexabumin di Jakarta

Kortikosteroid

Obat Asam Urat di ApotikJenis obat generik asam urat lainnya adalah kortikosteroid yang biasanya digunakan untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Obat ini juga memiliki sifat anti penuaan yang sangat baik yang digunakan untuk kesehatan kulit. Biasanya dokter memberikan obat ini dalam bentuk tablet atau suntikan. Obat asam urat dari jenis kortikosteroid ini biasanya diresepkan untuk pasien asam urat yang telah mengalami gejala parah.

Obat ini juga sering diberikan dalam bentuk suntikan daripada tablet yang bisa menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Gunakan dalam waktu singkat dan pada dosis rendah, jenis obat ini jarang menimbulkan efek samping. Sebaliknya, jika digunakan pada dosis tinggi dan waktu yang lama, obat ini dapat menyebabkan efek samping seperti kelemahan otot, memar, penipisan tulang dan juga penambahan berat badan. Harga obat ini bervariasi tergantung dari merek dagang dari Rp 10.000, – menjadi Rp 30.000, –

Allopurinol

Obat Asam Urat di ApotikAllopurinol adalah obat asam urat di apotik yang digunakan untuk penderita asam urat yang bekerja menghambat proses xanthine-oxidase. Hasil penghambatan dapat menurunkan kadar asam urat berlebihan dan menurunkan risiko darah tinggi. Obat allopurinol bisa dibeli di apotek dan bisa dipakai dari anak-anak sampai dewasa. Obat ini adalah jenis obat yang digunakan dalam jangka waktu lama dan tidak memiliki efek berbahaya dan dapat digunakan untuk terapi untuk mencegah kambuhnya asam urat.

Namun, penggunaan obat ini juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan pada pengguna yang memiliki reaksi alergi. Biasanya yang memiliki alergi pada obat tertentu dapat muncul kemerahan pada kulit disertai dengan reaksi gatal, bintik merah dan sesak napas sehingga menyebabkan pembengkakan pada wajah. Jika Anda memiliki reaksi seperti ini, sebaiknya segera berhenti menggunakan.

Obat allopurinol asam urat dapat ditemukan di apotek dengan perkiraan harga sekitar Rp 20.000, – pada tablet 100 mg x 10’s. Allopurinol adalah obat yang bisa digunakan dari anak-anak sampai orang dewasa. Untuk orang dewasa bisa dikonsumsi 100-300 mg / hari sedangkan untuk orang dewasa bisa dikonsumsi hingga 800 mg / hari.

Probenecid

Probenecid umumnya digunakan sebagai pengganti allopurinol untuk pasien yang memiliki alergi terhadap obat. Biasanya obat ini digunakan untuk mencegah asam urat dan artritis asam urat dan termasuk dalam jenis obat uricosurics yang mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan membantu ginjal membuat asam urat. Tingkat asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat membentuk kristal asam urat yang tajam.

Obat asam urat Prostenecid bisa diminum 2 kali sehari atau sesuai dengan saran dokter. Bisa diminum dengan segelas air setiap dosis dan dikonsumsi minimal 8 gelas per hari yang juga berguna untuk mencegah batu ginjal. Pada orang dewasa dapat dikonsumsi 250 mg secara oral setiap 12 jam selama minggu pertama Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat ini bila Anda memiliki asam urat yang parah karena dapat memperburuk asam urat Anda.

Obat ini lebih cocok untuk asam urat sedang. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini jika Anda tidak cocok menggunakannya biasanya akan timbul mual, kehilangan nafsu makan, pusing, muntah, sakit gusi, sakit kepala dan sering buang air kecil. Jika efek samping tidak hilang Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Harga obat ini sekitar Rp 260.000, – untuk ukuran tablet 500 mg x 10 x 10 biji.

Isoric Tablet

Obat ini juga termasuk allopurinol yang digunakan untuk mengobati penderita asam urat. Pembelian obat ini sebaiknya menggunakan resep dokter yang biasanya dijual di kemasan dos 10 x 10 kaplet 100 mg. Selain digunakan pada pasien dengan asam urat, obat ini juga digunakan untuk mengobati sindroma lisis tumor dalam kemoterapi, karena kemoterapi dapat menyebabkan hiperurisemia akut berat. Penggunaan obat juga harus segera dihentikan bila kelebihan asam urat tidak terjadi lagi. Efek samping yang umum sama dengan kelompok allopurinol lainnya, seperti terjadinya ruam kulit atau alergi pada permukaan kulit. Efek samping lainnya seperti demam, eosinofilia, hepatitis hingga terjadinya kerusakan ginjal.

Sebaiknya Tablet Licoric dikonsumsi setelah makan untuk meminimalkan terjadinya iritasi lambung dan penggunaan harus segera dihentikan jika ada gejala seperti yang disebutkan di atas. Dosis awal untuk orang dewasa adalah 100 mg per hari sedangkan untuk dosis pemeliharaan 200-300 mg per hari atau bisa 400-600 mg per hari untuk mengatasi gout parah. Dosis obat ini juga bervariasi dengan masing-masing tujuan penggunaannya, karena obat ini dapat digunakan untuk mengobati hiperurisemia akibat kemoterapi, gagal jantung kongestif dan Leishmaniasis. Harga obat ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 50.000, – pada kemasan ukuran 100 mg x 10 x 10.

Tylonic Tablet

Tylonic Tablet Tablet tylonic mengandung allopurinol yang berguna untuk membantu mengobati penyakit asam urat dan batu ginjal. Umumnya obat ini digunakan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien kanker setelah kemoterapi karena biasanya terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh akibat pelepasan sel kanker yang telah mati. Penggunaan obat ini pada pasien asam bisa mengurangi risiko batu ginjal. Namun, obat ini tidak boleh digunakan pada wanita hamil dan menyusui. Efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan obat ini adalah terjadinya mual, diare dan sakit perut. Jadi jika efek samping timbul ada indikasi bahwa pengguna tidak cocok menggunakan jenis obat ini.

Harga obat ini untuk kemasan tablet 300 mg x 10 x 10 adalah sekitar Rp 380.000, – yang bisa dipesan secara online atau dibeli di apotek farmasi farmasi. Dosis yang bisa digunakan orang dewasa 200-600 mg / hari dan pada anak 10-20 mg / kg berat badan per hari. Untuk menggunakan obat ini bisa dengan menggunakan makanan.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asam Urat

Selain anda mengatasi masalah asam urat dengan obat asam urat di Apotik yang sudah di cantumkan di atas. Anda juga perlu yang namanya memperhatikan makanan yang anda konsumsi saat anda mengalami masalah dengan yang namanya penyakit asam urat ini. Dan makanan yang bisa anda konsumsi untuk penderita asam urat tersebut di antaranya :

  • Buah-buahan, seperti jeruk, melon, apel.
  • Sayuran hijau, wortel, tomat.
  • Pastikan asupan cairan yang cukup, supaya membantu mengurangi pembentukan kristal di sendi. Usahakan minum air putih minimal 2 liter per hari. Namun, Anda mungkin memerlukan sebanyak 3 sampai 3,5 liter per hari, tergantung pada berat badan Anda dan juga seberapa sering Anda berolahraga.
  • Sumber karbohidrat lebih kompleks seperti kentang dan beras merah. Makanlah produk susu rendah lemak.

Pantangan Makanan Untuk Asam Urat

Selain anda mengkonsumsi makanan yang baik untuk membantu memulihkan masalah dengan asam urat. Anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Sebab penyakit asam urat sangat rentan dengan makanan yang kurang baik.

Dan berikut adalah makanan yang perlu anda waspadai atau sebagai pantangan saat anda mengalami asam urat :

  • Daging Berlemak
  • Ikan Yang Diasinkan
  • Makanan Dengan Bahan Kedelai
  • Ikan Kakap
  • Kerang
  • Makanan Laut
  • Berbagai Macam Jenis Daging
  • Biji Melinjo Dan Kacang Tanah
  • Bayam Dan Kangkung
  • Daun Melinjo

Posted by : http://www.asliherbal.web.id/

Kunjungi kami di Facebook : Asli Herbal

*untuk jenis obat asam urat di apotik lainnya bisa anda cari di apotik terdekat.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *